15 Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Besar

Rabu, 20 Maret 2019
Dibaca: 14 Kali

15 Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Besar
Sumber gambar : freepik

Ada satu ungkapan untuk menghasilkan uang, harus ada uang yang dikeluarkan. Dalam beberapa kondisi ungkapan ini benar, tapi tidak di bisnis properti. Barangkali ujaran seperti ini sudah tak relevan kalau dipakai di era sekarang.

Lewat modal tak seberapa, keuntungan maksimal bisa didapat.

Misalnya di bidang properti, bisnis yang bernilai miliaran ini sebenarnya mudah dimasuki dengan membawa modal seadanya. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang di bisnis properti tanpa modal. Atau, kalau pun perlu modal, jumlah nominalnya pasti tak seberapa.


Kuncinya yaitu, kalau tak mau mengeluarkan uang, berarti harus siap mengganti dengan waktu dan tenaga. Jadi, bersiaplah untuk kerja keras dan kerja pintar. Pendeknya, gunakan kreativitas. Bisnis properti selalu menjanjikan hal besar, jadi mulailah berpikir kreatif dari sekarang.

1. Cari rekanan

Relasi bisnis bisa bermanfaat dalam banyak hal, termasuk saat mau bisnis properti tapi tanpa modal. Cara bisnis properti ini sederhana, tinggal bagi tugas antar keduanya. Misal, yang satu berperan sebagai penyandang dana, satu lagi berperan dalam manajerial.

Untuk mengganti dana investor yang dipakai, investor lain harus mau mengelola dana investasi dan melakukan sejumlah pekerjaan lain. Inilah kompromi terbaik yang bisa dilakukan kalau ingin terjun di bisnis properti tanpa modal besar. Ada waktu dan tenaga yang korbankan.

2. Pinjam bank

Cara bisnis properti ini bisa dibilang punya resiko, tapi patut dicoba kalau bisa mengelola dana pinjaman bank. Saat mau investasi properti dan pinjam dana bank, apa yang dilihat dari bank bukan skor kredit yang mengajukan pinjaman. Meski kadang dijadikan pertimbangan.

Apa yang dilihat bank yaitu nilai suatu properti untuk beberapa tahun mendatang. Bank akan menilai apakah nilai suatu investasi properti masih lebih besar dibanding dana pinjaman dalam rentang waktu tertentu. Jika berhasil, bisnis properti tanpa modal siap dijalankan.

3. Pinjam kerabat

Rupanya, cara bisnis properti ini paling banyak dipakai di belahan bumi manapun. Dengan dasar hubungan kerabat, pinjam meminjam modal umumnya mudah dilakukan. Tak seperti bank, aturan pinjam dan pengembalian juga fleksibel dan bisa dikondisikan lewat obrolan biasa.

Biarpun begitu, akan lebih baik kalau ada tulisan hitam di atas putih sebagai bukti komitmen dari itikad baik peminjam. Besaran bunga dan jatuh tempo baiknya juga dicantumkan. Tak cuma kerabat, pinjaman pribadi ini bisa berasal dari siapapun yang tak terkait instansi keuangan.

4. Beli lalu sewakan

Membeli properti umumnya hanya bisa dibeli lewat cicilan. Aturan ini untuk mengurangi peluang pencucian uang dan kejahatan lain. Karena uang simpanan hanya cukup untuk bayar uang muka, strategi yang diambil yaitu beli lalu sewakan properti tersebut.

Uang sewa bulanan lalu dimanfaatkan untuk bayar cicilan properti. Strategi semacam ini marak dilakukan di tanah air, khususnya untuk mereka yang bekerja di luar kota. Sekali lagi, khusus untuk yang satu ini butuh modal dibanding cara-cara sebelumnya.

5. Sewa untuk beli

Istilah asingnya lease with option of buying. Ini merupakan kebalikan dari cara bisnis properti sebelumnya, meski ada sejumlah kecil kesamaan. Pada praktiknya, penyewa diharuskan membayar uang bulanan sebagai bentuk pembayaran dengan nominal yang disepakati.

Mirip dengan cicilan, penyewa diharuskan membayar angsuran selama tiga tahun misalnya. Uniknya, penyewa sudah bisa menempati properti sejak angsuran bulan pertama dibayarkan. Dan baik penyewa punya hak menjual properti meski belum jatuh tempo.

6. Barter

Saat tak ada uang sama sekali tapi punya kemauan kuat untuk masuk di bisnis properti, satu yang bisa dilakukan yaitu dengan bertukar "benda". Ini bisa berarti properti dengan properti atau mobil misalnya. Persoalan harga tinggal didiskusikan dan dibuat dalam perjanjian.

Masih termasuk barter, cara yang sering ditempuh yaitu membayar dengan pekerjaan. Sebagai contoh, kontraktor bisa menawarkan pembanguan properti secara gratis ke pengembang sebagai ganti uang muka. Cara lain yaitu bertukar aset sesama investor.

7. Perjanjian nilai

Istilah asingnya option agreement. Langkah ini mirip dengan mencari rekanan kerja, tapi beda subjek. Subjek yang dimaksud yaitu sponsor atau pihak ketiga. Strateginya yaitu mencari vendor lalu buat perjanjian kerja sama dengan berbagi hak pengelolaan yang penyandang dana.

Lalu buat suatu cara untuk meningkatkan nilai suatu properti dan jual sekiranya sudah dapat untung. Di tanah air, strategi semacam ini masih jarang dipraktikkan meski ada beberapa. Tapi demi omset besar di bisnis properti, cara ini patut dicoba sesegera mungkin.

8. Usaha gabungan

Strateginya, cari seorang rekanan, sponsor, atau pihak ketiga lain, untuk bergabung membayar uang muka lalu pisahkan manajemennya menurut kemampuan masing-masing.

Tentu saja, strategi ini butuh pasangan yang jujur dan mau berbagai kepercayaan dalam apapun.

Usaha gabungan ini bisa diwujudkan dalam bentuk instansi supaya lebih legal, atau sebatas kelompok dengan pembagian deskripsi pekerjaan yang jelas. Bisa dibilang kalau usaha gabungan merupakan cara mengumpulkan dana investasi untuk keperluan bersama.

9. Beli lahan

Diambil dari istilah asing buying off the plan. Maksudnya, daripada beli properti yang harganya selalu naik tiap tahun, akan lebih baik kalau beli lahan atau tanah sebelum dibangun. Dengan harapan harga tanah akan selalu naik seiring waktu pembangunan dimulai.

Strateginya, properti lalu dijual saat proses pembangun sedang berjalan, atau bisa juga saat properti selesai dibangun. Kalau mau berkarir seperti ini, perlu keahlian khusus yaitu jeli untuk mengintip lokasi mana saja yang menyediakan prospek seperti ini di kemudian hari.

10. Kontraktor properti

Ada banyak aspek yang bisa dijadikan investasi dalam bisnis properti, kontruksi properti misalnya. Menilik angka pertumbuhan pasar properti tiap tahun yang meningkat, sangat jelas terlihat kalau ini merupakan hasil kerja dari kontrak properti yang disewa.

Untuk alasan ini, banyak yang memberi prediksi kalau sektor kontraktor properti masih akan berkembang. Dalam kata lain, investasi dalam kontraktor properti juga pilihan yang cerdas. Industri kontraktor properti masih akan terus berlangsung, dan ini saatnya untuk gabung.

11. Manajer properti

Untuk bisa ikut menikmati bisnis gemuk di bidang properti tak harus punya properti fisik. Ada satu strategi lain yang bisa diterapkan untuk tetap bisa mendapat bagian keuntungan. Manajer properti merupakan bidang pekerjaan di properti yang tak mengharuskan keluar modal.

Manajer properti merupakan kepanjangan dari pemilik properti. Semua urusan terkait properti umumnya dikerjakan manajer properti. Dan sebagai upah, manajer properti umumnya mendapat bagian 8-10% dari omset seluruh properti yang dikelola.

12. Properti online

Di era digital sekarang ini, jangan lupakan aspek online. Beberapa jenis website menyediakan fasilitas bagi siapa saja untuk jadi investor tanpa tangannya kotor. Website seperti RealtyShares memberi kemudahan untuk ikut investasi bidang properti.

Cukup dengan daftar dan serahkan beberapa syarat dan setoran awal, investor akan menerima aliran dana sebagai distribusi keuntungan tiap bulannya. Sayang, bisnis properti online semodel ini belum banyak berlaku di tanah air meski jasa pembuatan website sangat murah.

13. Pinjaman ekuitas

Semisal tak ada modal sama sekali untuk investasi properti kedua, cara ini bisa ditempuh. Meminjam istilah asing, property equity loans, merupakan cara membeli properti baru dengan menggadaikan sertifikat kepemilikan dari properti yang pertama untuk dapat modal.

Langkah ini sebenarnya sudah sering diterapkan di tanah air, tapi dengan istilah yang berbeda-beda. Pinjaman ekuitas terbilang ampuh karena umumnya pihak bank akan menyetujui. Bank akan melihat nilai kapital suatu properti yang nantinya dibuat sebagai pertimbangan.

14. Hutang penjual

Satu metode umum untuk beli properti tanpa modal yaitu dengan hutang penjual. Metode ini efektif diterapkan saat bertemu tenaga penjual yang putus asa karena tak kunjung menemukan pembeli. Atau, dengan membuat relasi yang baik dengan tenaga penjual properti.

Strateginya, tenaga penjual yang akan membayar uang muka dan pembeli akan membayar hutang belakangan bersamaan saat membayar angsuran. Atau bisa juga hutang uang muka dibayar pertahun, tergantung dari kesepakatan yang sudah didiskusikan bersama.

15. Menaikkan harga

Satu cara tak lazim untuk memiliki properti tanpa modal yaitu dengan menaikkan harga. Kalau keputusan sudah bulat bahwa untuk beli suatu properti adalah keharusan, tak ada salahnya menawarkan harga tinggi ke tenaga penjual properti.

Sebagai gantinya, penjual rela tak menerima uang muka karena uang muka dibayar bersama angsuran dengan nominal yang lebih tinggi. Umumnya, strategi seperti ini disertai perjanjian tertulis antara pembeli, penjual, termasuk teknik penjualan properti.

Cara Jual Properti, Rumah dan Apartemen

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menjual properti?

Jawaban alternatif terbaik adalah dengan membuat website. Karena, website memiliki banyak sekali strategi pemasaran yang dapat diterapkan.

Bahwa, bisnis properti sesungguhnya menyediakan kemudahan bagi siapapun yang mencarinya. Cara bisnis properti bisa dipelajari dan belajar bisnis properti tak sesulit yang dibilang. Semua bisa dilakukan secara mandiri, hanya butuh sikap serius supaya bisa berhasil dalam bisnis properti.

"Kami melayani Jasa Bangun Rumah, Jasa Renovasi Rumah dan Jasa Desain Rancang Bangun"

Layanan Telpon & SMS :
0813 6765 2617 (SAIMAN)

Jasa Renovasi Rumah