Intip Untung Rugi Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kos

Minggu, 30 Desember 2018
Dibaca: 319 Kali

Intip Untung Rugi Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kos
Intip Untung Rugi Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kos

Bisnis properti rumah kos merupakan peluang usaha yang sedang naik pamor. Selain menjanjikan keuntungan yang besar, perawatannya pun terbilang ringan. Namun, sama halnya dengan bisnis lain, bisnis penyewaan kos-kosan juga tidak lepas dari rugi.

Karenanya, penting bagi Anda mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian yang sering dialami saat menggeluti bisnis semacam ini. Berikut keuntungan dan kerugian dalam bisnis rumah kos seperti dikutip Orento, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

1. Keuntungan

Idealnya, ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menekuni bisnis properti rumah kost, antara lain:

Peminatnya Tinggi

Rumah kos termasuk jenis properti yang tinggi peminat karena akan selalu dibutuhkan mereka yang tinggal jauh dari kampung halaman, misalnya mahasiswa. Makin dekat kost dengan kampus, makin potensial bisnis yang Anda jalankan.

Sebagai contoh, jumlah penyewa kost di kota besar seperti Jakarta, tempat banyak universitas berasal, tentu lebih tinggi dibandingkan di daerah lain yang bukan merupakan pusat pendidikan.

Keuntungan Terus Naik

Properti (tanah dan bangunan) merupakan jenis investasi yang nilainya dipastikan akan terus naik dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, bisnis sewa kost bisa menjadi pilihan tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah atau bahkan dijadikan sebagai alat investasi jangka panjang.

Pemasukan Rutin Tiap Bulan

Jika Anda punya pekerjaan utama, berbisnis kos bisa memberikan tambahan penghasilan (passive income) setiap bulan. Katakanlah Anda memiliki kamar kos 10 pintu dengan biaya sewa Rp500.000/bulan. Dalam sebulan, setidaknya ada uang sebesar Rp5.000.000 yang masuk ke kantong.

Mudah dalam Perawatan

Perawatan rumah kos cenderung mudah. Tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan merawat rumah kost bahkan bisa dibagi dengan penyewa. Dengan begitu, tugas Anda sebagai pemilik bisa sedikit dikurangi.

2. Kekurangan

Selain kelebihan, ada juga kekurangan dalam bisnis properti rumah kost yang tidak boleh disepelekan, yakni:

Risiko Menunggak Uang Sewa

Ini merupakan problem klasik yang jamak terjadi di hampir semua lini bisnis penyewaan properti. Jika terjadi terus menerus, hal ini bisa menyebabkan kerugian, sebab masih ada biaya listrik, air, kebersihan, dan lain-lain yang harus dibayarkan.

Kurangnya Pengawasan

Pemilik sering kali kesulitan mengawasi satu per satu penyewa kostnya. Tak jarang terjadi hal-hal yang kurang diinginkan seperti tindak kriminalitas dan terorisme. Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui identitas dan motivasi calon penyewa sebelum menerimanya.

Jangan lupa juga membuat aturan dan batasan jelas mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan penyewa, termasuk soal jam malam dan membawa tamu lawan jenis.(*okz)

"Kami melayani Jasa Bangun Rumah, Jasa Renovasi Rumah dan Jasa Desain Rancang Bangun"

Layanan Telpon & SMS :
0813 6765 2617 (SAIMAN)

Jasa Renovasi Rumah