Makna dan Arti Warna Cat pada Dinding Rumah

Rabu, 12 Juli 2017
Dibaca: 10771 Kali

Makna dan Arti Warna Cat pada Dinding Rumah
Makna dan Arti Warna Cat pada Dinding Rumah

Ruang tamu yang indah memang terkait dengan penggunaan warna-warna di dalamnya, maka dari itu keduanya tidak bisa di pisahkan, karena tanpa warna maka ruang tamu rumah anda akan terlihat kusam dan tidak fresh. Karena penggunaan warna adalah salah satu alternatif bagi banyak orang yang ingin membuat ruangan rumahnya tampil lebih indah dan menawan, termasuk pada ruang tamu. Artikel berikut menjelaskan makna dan arti warna cat pada dinding rumah Anda :

1. Putih – Silver

Warna putih memberi kesan kebebasan dan keterbukaan. Putih sebagai warna yang murni dan tidak menggunakan campuran apapun memberi arti yang suci dan bersih, seperti sucinya hati kita. Warna ini sangat cocok untuk menekankan warna lain sehingga lebih menonjol.

Kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Kekurangan warna putih adalah dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi. Maka, untuk menghindari hal itu sangat cocok apabila kesederhanaan warna putih ini dipadukan dengan warna lain ataupun warna gelap dengan catatan warna gelap yang dipadukan dengan komposisi yang seimbang.

Salah satu warna yang dapat kita gunakan adalah dengan warna silver karena warna ini akan menciptakan kesan glamour, mahal, dan kemilau sesuai dengan karakter silver atau perak. Untuk design rumah yang minimalis penggunaan warna putih dan silver menurut saya dapat menjadi pilihan yang sangat tepat karena dapat membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas dan bersih serta menciptakan kesan glamour.

2. Hijau

Warna hijau merupakan representasi warna alam, dedaunan, kesegaran, relaksasi, harmoni, alami, sejuk, bersifat menenangkan.

Warna ini akan memberikan nuansa keakraban dalam sebuah ruangan. Warna ini diyakini memiliki efek relaksasi dan menenangkan. Karena itu, pemilihan warha hijau cocok digunakan di ruang santai.

Warna hijau juga dapat diaplikasikan di ruang makan dan kamar mandi, sehingga setiap pagi, penghuni dapat merasakan kesegaran. sangat cocok dijadika warna baru untuk rumah anda. Selain itu pengaplikasian warna hijau juga dalam suatu ruangan dapat merangsang kreatifitas. Sehingga ruangan menjadi tempat yang dapat menginspirasi semua orang.

3. Biru

Biru adalah warna langit dan laut. Memberi kesan luas pada ruangan, kesejukan, dingin damai, dan menenangkan fikiran. warna biru mampu memberi kesan profesional dan kepercayaan.

Biru diyakini bisa merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistic dan juga sebagai simbol kekuatan.

Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.

Warna biru sangat tepat diaplikasikan dalam desain interior dan eksterior rumah di saat tingkat stres dan permasalahan hidup semakin meningkat.

4. Kuning

Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain.

Dengan kata lain warna ini juga mengandung makna optimis, semangat dan ceria. Secara psikologi, makna warna kuning mengarah pada warna yang paling bahagia, menyolok dan juga menyatu dengan ekstrovert.

Warna ini biasanya digunakan oleh orang yang ingin tampil atau ingin diperhatikan oleh orang lain.Aura yang terdapat pada warna kuning sangat baik digunakan untuk membantu penalaran secara logis dan analitis.

Oleh karena itu individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis, sehingga mereka lebih kreatif dan pandai menciptakan ide yang orisinil. Warna ini sangat pas untuk mewarnai elemen desain interior yang akan dijadikan sebagai vocal poin.

5. Cokelat

Warna cokelat menunjukkan persahabatan.

Tak berbedah jauh dengan warna hijau, cokelat adalah salah satu warna yang identik dengan alam yakni tanah dan kayu.

Kayu selalu memberi kesan hangat pada ruangan, warna cokelat pun otomatis juga memberi kesan hangat. Warna cokelat dapat diaplikasikan di ruang keluarga dan kamar tidur karena dapat menghadirkan suasan teduh dan nyaman bagi penghuni. Sedangkan warna cokelat muda memberi kesan elegan dan indah, maka dari itu ruang tamu rumah anda pun bisa di terapkan dengan warna ini jika ingin memberi kesan yang elegan.

Penempatannyapun tidak hanya terpaku pada dinding saja, tapi juga pada furniture, aksesoris dan berbagai elemen yang ada didalanya, akan lebih bagus lagi jika warna tersebut di kombinasi dengan warna netral sehingga akan terlihat lebih menawan.

Karena, apabila warna coklat tidak dikombinasikan dengan elemen dekorasi lainnya, warna coklat tersebut tidak akan mampu memberi daya tarik apapun.

Sumber

  • NUOnline. ( 2014, 27 Juli). Makna dan Hikmah Idul Fitri. Diperoleh 16 Juni 2017, dari http://www.nu.or.id/post/read/53537/makna-dan-hikmah-idul-fitri
  • GUSHAIRON FADLI. ( 2016, 10 November). 10 Arti Warna dalam Psikologi Warna, Terpopuler Menurut para Ahli!. Diperoleh 16 Juni 2017, dari https://gushaironfadli.com/arti-warna/
  • interdesain.com. (2015). Arti dan makna warna dalam desain interior dan eksterior rumah. Diperoleh 16 Juni 2017, dari http://www.interdesain.com/arti-dan-makna-warna-dalam-desain-interior-dan-eksterior-rumah


Gambar

  • https://www.lowes.com/projects/paint-stain-and-wallpaper/choose-paint-colors-and-schemes/project
  • http://www.freshdesignpedia.com/interior-design-ideas/interior-design-small-apartment-in-sweden-in-the-trendy-style.html
  • http://zonewallpapers.com/captivating-blue-living-room-ideas-in-2017/
  • https://www.pinterest.com/pin/419819996490352771/
  • https://www.pinterest.com/pin/380554237234480709/

"Kami melayani Jasa Bangun Rumah, Jasa Renovasi Rumah dan Jasa Desain Rancang Bangun"

Layanan Telpon & SMS :
0813 6765 2617 (SAIMAN)

Jasa Renovasi Rumah