Enam Kesalahan Dekorasi Ruang Minim

Minggu, 13 Maret 2016
Dibaca: 1284 Kali

Enam Kesalahan Dekorasi Ruang Minim
Ilustrasi | Ist

Memaksimalkan tiap jengkal ruang dalam rumah adalah hal yang wajar. Hanya saja, Anda harus mempertimbangkan luas ruangan, jangan sampai malah terkesan sesak.
Terlebih jika rumah Anda tergolong minimalis, sebaiknya buat dekorasi yang membuat ruangan terasa lebih lapang dan nyaman.

Sebagian orang tanpa sadar sering melakukan kesalahan dalam mendekorasi ruang sempit. Mengecat seluruh dinding dengan warna putih, misalnya. Apa lagi jenis kesalahan lainnya? Yuk, kita simak uraian para desainer interior berikut:

Dipenuhi banyak perabot

Desainer interior dari New York, Laura Kirar, mengungkapkan, sebuah furnitur berukuran besar dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Dalam hal ini kamu harus cermat memilihnya.

Jika langit-langit di ruang keluarga cukup tinggi, maka tempatkanlah sebuah lemari berukuran tinggi juga. Faktanya, penempatan seperti ini dapat menghasilkan efek pandangan seseorang menjadi jauh ke atas dan lepas dari kesan sempit.

Bermain aman

Menurut Victoria Neale, kamar tidur berukuran terbatas, tak lantas membuatnya harus hampa dari dekorasi menarik. Kamu tetap bisa menambahkan hiasan dinding atau cushion dengan warna yang mencolok di satu sudut ruangan.

"Dekorasi seperti ini nyatanya mampu menjadi ilusi perhatian mata dari sempitnya ruangan," ujar desainer interior dari Washington DC ini menjelaskan seperti dilansir dari rumah123.com.

Dekorasi tanpa rencana matang

Desainer interior asal New York, Elaine Griffin, mengungkapkan, kamu perlu memutuskan segala sesuatu yang wajib ada di dalam sebuah ruangan. Pasalnya, kamu tidak punya banyak lahan untuk menuangkan segala keinginan.
Bagilah ruang geometris menjadi beberapa zona orientasi –area bekerja, tidur, santai, makan- sehingga kamu bisa menentukan dekorasi yang tepat dan mampu membuat nyaman.

Tidak memerhatikan dinding dan lantai

Sementara, desainer interior asal Boston, Mary McGee, mengungkapkan, warna dinding yang bercahaya dan lantai mengkilap, secara otomatis mampu memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Ya, ini karena mata manusia mudah dimanipulasi agar mempersepsi ruangan lebih luas dari aslinya.

Trik lain yang bisa kamu lakukan adalah memilih bingkai dan jeruji jendela dengan desain minimalis. Desain jendela yang dengan pola kompleks akan membuat ruangan terlihat penuh dan terasa sesak.

Trik visual lain adalah dengan mengecat pola-pola vertikal di dinding rumah. Pola vertikal ini akan membuat ruangan terasa lebih tinggi dan lapang.

Mengandalkan furnitur kecil

Desainer interior asal Baltimore, Mona Hajj, mengungkapkan, warna terang ditambah dekorasi berupa furnitur berukuran kecil, ternyata malah membuat ruangan terasa sesak. Selain itu, pengaplikasian aksesori yang tepat juga dapat memberikan ruang yang lebih luas dan mewah.

Membiarkan ruangan tanpa pembatas

Kadang, kita membiarkan ruangan menyatu tanpa dinding pembatas agar terlihat lebih luas. Benarkah demikian? Desainer interior dari New York, Philip Gorrivan, justru mengungkapkan sebaliknya.

Membebaskan ruangan tanpa dinding pembatas memang bisa terlihat lebih luas, tetapi juga lebih mudah terlihat berantakan. Untuk menyiasatinya, kamu tak harus membangun tembok-tembok pembatas yang kaku. Rak buku yang menjulang tinggi bisa menjadi pilihan pembatas ruangan yang ideal karena bisa berfungsi ganda. (*)

"Kami melayani Jasa Bangun Rumah, Jasa Renovasi Rumah dan Jasa Desain Rancang Bangun"

Layanan Telpon & SMS :
0813 6765 2617 (SAIMAN)

Jasa Renovasi Rumah